Serangan Jantung , Waspadai risiko pada Caleg

Solusi satu – Musim kampanye sudah dimulai. Bukan hanya calon presiden dan wakil presiden, calon legislatif (caleg) pun berlomba-lomba untuk mendapatkan kursi di DPR atau DPRD.

Tak jarang para caleg ini merasa stres di musim kampanye. Bahkan seorang caleg di Sumatera Barat tewas bunuh diri diduga akibat stres kekurangan biaya untuk pencalonannya.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Dr dr Muhammad Yamin, SpJP(K), FACC, FSCAI, caleg yang merasa stres tak hanya menghadapi risiko bunuh diri. Seseorang yang terlalu stres juga bisa mengalami serangan jantungatau kelainannya jantung lho. 

“Pasti, karena salah satu pemicu serangan jantung pada orang yang sudah ada kelainan adalah stres fisik, stres mental juga bisa,” ujarnya kepada detikHealthsaat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).

“Kalau kita stres mental, hormon adrenalin kita meningkat, sistem saraf simpatis kita diaktifkan, maka terjadi penyempitan pembuluh darah dan peningkatan tekanan darah dan peningkatan nadi. Stres bisa juga memicu serangan,” lanjutnya.

” Kalau kita stres mental, hormon adrenalin kita meningkat, sistem saraf simpatis kita diaktifkan, maka terjadi penyempitan pembuluh darah dan peningkatan tekanan darah dan peningkatan nadi. Stres bisa juga memicu serangan.Dr dr Muhammad Yamin, SpJP(K), FACC, FSCAI – Dokter Jantung”

Sementara bagi caleg yang merasa stres namun tidak memiliki kelainan jantung jangan bersenang hati terlebih dahulu. dr Yamin mengatakan bahwa stres juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan jantung.

“Kalau belum ada kelainan jantung ya mempermudah adanya kelainan koroner itu. Jantung koroner sih paling sering,” tutupnya.


Baca juga: Supaya Mag Tak Makin Parah, Yuk Manajemen Stres Dulu

terkait – penyakit stress,penyakit stress berlebihan,penyakit stress berat,penyakit stress mental,penyakit stress setelah melahirkan,penyakit stress disorder,penyakit stress adalah,penyakit stress cardiomyopathy,penyakit stress oksidatif,penyakit stress ulcer,penyakit stres akut,penyakit akibat stres berlebihan,penyakit akibat stress berkepanjangan,penyakit akibat stres,penyakit akibat stress berlebihan,penyakit akibat stress oksidatif,penyakit akibat stres berkepanjangan,penyakit alergi stres,penyakit berkaitan stress,nama penyakit stress berat,stress bisa menyebabkan penyakit,penyakit tidak boleh stress,stress bikin penyakit,stress boleh menyebabkan penyakit,penyakit berpunca dari stress,cara mengobati penyakit stress,cara merawat penyakit stress,penyakit disebabkan stress,penyakit dari stress,penyakit disebabkan stres,