Kerajinan Costum Cosplay dikudus menjadi inspirasi kaum anak muda

Solusi satu – Karya kostum cosplay memang unik. Selain bentuknya mirip yang dikenakan tokoh superhero, juga tidak mudah membuatnya. Tidak heran, jika peminatnya tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri.

Di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terdapat seorang produsen kostum cosplay. Dengan karyanya tidak hanya diminati warga lokal, tapi juga warga mancanegara. Sebut saja, tokoh Ksatria Baja Hitam, Power Ranger, Warrior of Light’s dari Final Fantasy, Kamen Rider Den O’, Kwaga Ranger dari Hurricaneger dan lainnya. Berikut liputannya.

Ditemui di rumahnya Desa Ploso RT 5 RW 5, Kecamatan Jati, sang pembuat kostum cosplay, David Setya Pambudi, terlihat sibuk menata hasil kreasinya. Di ruang depan rumah sederhananya, sejumlah kostum cosplay dipajang. Pria 27 tahun ini mengaku terinspirasi membuat kostum cosplay karena kecintaannya pada tokoh superhero atau animasi di film.

Baca juga:Mengintip Suksesnya Bisnis Boneka Kayu Beromzet Rp 25 Juta/Bulan

“Sejak kecil kalau hari Minggu, nonton film animasi superhero. Saya ingin membuat kostumnya. Baru setelah besar, keinginan membuat kostum cosplay superhero bisa terwujud,” kenang David.

Sudah tak terhitung berapa jumlah kostum cosplay yang dibuatnya. Namun dari kostum superhero itu yang paling banyak dikerjakan atau dipesan adalah tokoh superhero tertentu, seperti kostum Bima X, Ksatria Baja Hitam, dan Kamen Rider.

Adapun lama proses pembuatan kostum cosplay satu dan lainnya tidak sama. Jika kostum cosplay sederhana, dia bisa menyelesaikan dalam waktu dua minggu hingga satu bulan. Namun bila kostum cosplay itu rumit, dia bisa menyelesaikan dalam waktu hampir tiga bulan.

Dengan bahan pembuatan kostum cosplay di antaranya busa, evafoam, kain spandeks, dril, resin dan lainnya.

“Kadang saya buat made by order. Ada yang sewa juga kostumnya,” tambah pria yang juga berprofesi sebagai entertainer dan stand up comedy.

Dia telah bergelut dengan pembuatan kostum cosplay sejak 2014. Sebelumnya, dia belajar dari sejumlah teman komunitas cosplay di Tegal, Pekalongan, Jakarta, Semarang dan lainnya. “Saya belajar kemana-mana sampai saya bisa,” tambah David.

Baca juga:Pria Ini Raup Cuan Bikin Foto Bergerak Buat Diunggah ke Instagram

Sejauh ini, dia memasarkan produknya melalui media sosial. Dengan akun Instagramnya @dave_workshop. Dari akun itu, dia bisa mendapatkan pesanan pengerjaan dari dalam dan luar negeri.

“Order dari Brasil, Amerika, Inggris, Kanada, Filipina, dan Malaysia. Paling banyak dari Malaysia. Mereka senang karena kualitas kostum cosplay yang saya buat. Di luar negeri, saya jual US$ 300-800. Kalau dalam negeri Rp 1,5 juta-7 juta seringnya kawasan Jabotabek,” kata dia.

Awal pengerjaan dia lakukan sendiri, tapi kini dia mengerjakan pesanan dalam tim berjumlah empat orang. Mereka adalah anggota sesama komunitas Anime Lover Kudus atau Anivers-K.

“Adapun kendala yang dihadapi ya cuaca. Karena kan ada bagian yang dicat. Harus kering dengan dijemur di bawah matahari. Kalau hujan, ya bisa lama keringnya,” tambah David.

“Adapun kendala yang dihadapi ya cuaca. Karena kan ada bagian yang dicat. Harus kering dengan dijemur di bawah matahari. Kalau hujan, ya bisa lama keringnya,” tambah David.

terkait – peluang usaha baru,peluang usaha 2019,peluang usaha adalah,peluang usaha rumahan,peluang usaha makanan,peluang usaha online,peluang usaha modal kecil,peluang usaha di rumah,peluang usaha ternak,peluang usaha anak muda,peluang usaha agen,peluang usaha abad 21,peluang usaha ada jika,peluang usaha ayam geprek,peluang usaha ayam petelur,peluang usaha anak sma,peluang usaha agribisnis,peluang usaha agen laundry kiloan tanpa modal,a. pengertian analisis peluang usaha,peluang usaha baru 2019,peluang usaha baru modal kecil,peluang usaha baru 2018,peluang usaha bandung,peluang usaha bisnis,peluang usaha bagi hasil,peluang usaha buat ibu rumah tangga,peluang usaha bakso,peluang usaha budidaya unggas petelur,b inggris peluang usaha,peluang usaha cemilan,peluang usaha cilok,peluang usaha cuci motor,peluang usaha catering,peluang usaha cafe,peluang usaha cirebon,peluang usaha chicken,peluang usaha cimol,peluang usaha cilok goreng,peluang usaha cuci mobil,c. metode pendekatan analisis peluang usaha,peluang usaha di cirebon,peluang usaha di tahun 2019,peluang usaha di bandung 2018,peluang usaha di jakarta 2018,peluang usaha di stasiun,peluang usaha di kampung,peluang usaha d’besto,peluang usaha es,peluang usaha es krim,peluang usaha emas mini,peluang usaha eco racing,peluang usaha ekspor,peluang usaha es teh tong tji,peluang usaha ekspedisi,peluang usaha es kepal milo,peluang usaha es lilin,peluang usaha event organizer,peluang usaha e commerce,peluang usaha e loket,peluang usaha franchise,peluang usaha frozen food,peluang usaha fashion,peluang usaha fried chicken,peluang usaha fintech,peluang usaha fotografi,peluang usaha faktor internal,peluang usaha fee agen,peluang usaha furniture,peluang usaha fotocopy,peluang usaha gorengan,peluang usaha grosir,peluang usaha go food,peluang usaha generasi milenial,peluang usaha gado gado,peluang usaha gadai elektronik,peluang usaha gantungan kunci,peluang usaha gojek,peluang usaha grab,peluang usaha garam,peluang usaha harus orisinil artinya,peluang usaha home industri,peluang usaha hidroponik,peluang usaha hijab,peluang usaha handmade,peluang usaha harian,peluang usaha hamburger,peluang usaha herbal,peluang usaha hasil bumi,peluang usaha homestay,peluang usaha ibu rumah tangga,peluang usaha ikan,peluang usaha ikan hias,peluang usaha internal,peluang usaha internet,peluang usaha ice cream,peluang usaha irt,peluang usaha indramayu,peluang usaha ikan nila,peluang usaha ikan lele,peluang usaha jasa,peluang usaha jajanan anak,peluang usaha jadi agen produk baru,peluang usaha jajanan,peluang usaha jakarta,peluang usaha jasa yang bisa dikembangkan di wilayah pemukiman,peluang usaha jus buah,peluang usaha jualan,peluang usaha jasa ekspedisi,peluang usaha jeruk peras,j&t peluang usaha,peluang usaha kecil,peluang usaha kuliner,peluang usaha kerajinan,peluang usaha kreatif,peluang usaha kuliner 2019,